Maret 30, 2017

Pengertian Ibadah Umroh dan Keutamaan Dalam Menjalankannya

Posted by Iwak Kalataw on Maret 30, 2017 in | No comments
Ibadah umroh secara bahasa artinya berziarah ke tempat yang ramai. Kalau menurut syara umroh berarti berkunjung ke Ka’bah (Tanah Suci) untuk beribadah. Mengenai hukum umroh terdapat dua pendapat yang berbeda. Jika Imam Malik dan Abu Hanifah berpendapat bahwa umroh hukumnya Sunnah. Sementara Imam Ahmad dan Imam Syafii menganggap bahwa ibadah umroh itu wajib. Untuk itu, setidaknya seseorang harus melaksanakan umroh satu kali seumur hidupnya bila mampu.
Rasululloh berkata : “Amalan yang paling utama yaitu haji atau umroh yang mabrur” (HR. Amr bin Abasah r.a). Beberapa ulama menyebutkan kalau haji yang mabrur artinya haji yang didalamnya tak ada perbuatan maksiat. Maksudnya apabila ibadah haji dijalankan dengan menjaga seluruh adab dan syaratnya serta tidak terjadi kesalahan, maka Insya Allah haji tersebut diterima. 
foto:menatahidup.com

Disamping itu, ada hadist lain yang mengungkapkan bahwa kebaikan dari haji terletak pada saat memberi makan kepada orang yang membutuhkan dan bertutur kata yang ramah. Hadist-hadist diatas memang membahasa tentang haji, tapi sebenarnya seperti itulah arti ibadah umroh yang mabrur juga.
Mungkin yang dimaksud ibadah umrohnya diterima oleh Allah SWT adalah selain menjalankan semua tata cara umroh dengan tertib dan khusuk, setiap orang harus berbuat kebaikan terhadap sesama setelahnya. Jadi, seseorang yang telah menunaikan ibadah di tanah suci, hendaklah selalu bisa mengamalkan perbuatan baik dan selalu berperilaku sesuai aturan Allah. 

Rasululloh bersabda kalau ibadah umroh dengan umroh yang lainnya akan menjadi kafarah (penghapus dosa) diantara kedua waktunya. Misalnya saja, kamu menunaikan ibadah umroh pada tahun lalu, kemudian menjalankan umroh lagi pada tahun ini. Maka, dosa yang kamu kerjakan diantara kedua waktu umroh tersebut dihapus oleh Allah SWT. 

Selain itu, Rasululloh juga bersabda kalau orang yang menjalankan ibadah haji dan umroh merupakan utusan Allah SWT dan jika mereka berdoa pada Allah, maka Allah mengabulkannya. Dan jika memohon ampunan kepada Allah maka, Allah pun mengampuninya. Sebagaimana sebagai seorang tamu yang akan dijamu serta dimuliakan oleh Tuan Besarnya saat datang. Begitu pula dengan Allah yang akan menyambut serta memuliakan utusannya tersebut.

Sesungguhnya ada banyak sekali keutamaan ibadah umroh bagi yang menjalankannya. Menjalankan umroh saja sudah suatu kenikmatan ibadah tiada tara. Ditambah dengan hadiah-hadiah yang diberikan oleh Allah SWT, pasti akan sangat beruntung jika kita mampu menunaikannya.

0 komentar:

Posting Komentar