September 28, 2017

7 Cara Melakukan Joging Yang Benar Agar Terhindar Dari Cidera

Posted by Iwak Kalataw on September 28, 2017 in , | No comments
foto:list25.com

Bagi sebagian orang, olahraga jogging terlihat mudah dilakukan, padahal untuk bisa mendapatkan manfaat dari joging secara maksimal, perlu cara dan tehnik yang benar. Ya, sangat penting untuk mengetahui bagaimana serta apa saja yang harus dilakukan sebelum dan sesudah melakukan jogging, khususnya bagi pemula atau yang baru saja ingin menerapkan olahraga jogging secara teratur. Untuk itu, saya akan bagikan informasi mengenai cara melakukan jogging yang benar agar anda terhindar dari cidera yang justru akan menimbulkan rasa sakit. Silahkan disimak ulasannya!

1.    Gunakan Sepatu Khusus
Setiap cabang olahraga memiliki sepatu khusus yang didesain untuk kemudahan dan kenyamanan saat berolahraga, begitupula untuk olahraga lari. Saat ini, sudah banyak produsen produk peralatan olahraga yang menyediakan sepatu khusus lari. Anda bisa memilih salah satunya sesuai dengan selera. Idealnya, sepatu lari harus diganti dengan yang baru jika telah menempuh jarak 300-400 mil. Namun, jika sebelum mencapai jarak tersebut, sepatu sudah rusak, sebaiknya segera ganti.

2.    Lakukan Pemanasan & Pendinginan
Pemanasan sebelum olahraga adalah hal yang wajib dilakukan untuk menghindari cidera. Oleh Karena itu, lakukan gerakan ringan terlebih dahulu sebelum memulai jogging. Pemanasan bermanfaat untuk menghindari terjadinya peningkatan kerja organ tubuh secara tiba-tiba serta membantu untuk melemaskan otot-otot. Usai jogging, jangan lupa untuk melakukan pendinginan dengan cara melakukan jalan santai selama 5-10 menit.

3.    Atur Posisi Tubuh
Atur posisi tubuh dengan benar saat melakukan jogging yaitu dengan menjaga posisi tubuh agar tetap tegak, tangan di samping pinggang, posisikan lengan dengan sudut 90 derajat dimana bagian siku berada pada sisi tubuh. Jangan membungkukkan tubuh saat berlari.

4.    Lakukan Sesuai Kemampuan
Kemampuan setiap orang tentu berbeda, orang yang sudah terbiasa jogging, mungkin tahan berlari hingga 1 jam. Namun berbeda dengan yang masih pemula. Oleh karena itu, lakukan sesuai kemampuan anda. Olahraga yang dilakukan secara berlebihan justru akan menimbulkan efek buruk.

5.    Berlari Sambil Jalan
Agar tidak terlalu capek, anda bisa mengkombinasikan lari sambil berjalan. Ini cara yang sering dilakukan oleh para pemula. Jalan santai ditengah kelelahan usai berlari kencang, dapat memulihkan tenaga yang sudah terkuras, selain itu juga bermanfaat untuk menstabilkan kerja organ tubuh.

6.    Naikkan Target Secara Bertahap
Setelah mulai terbiasa untuk melakukan jogging, anda bisa menaikkan target secara perlahan, misalnya waktu dan jarak jogging. Naikkan target secara bertahap agar anda tidak merasa terbebani. Jika langsung menaikkan target dengan waktu yang lama atau jarak tempuh yang jauh, dikhawatirkan anda justru akan menjadi malas untuk merutinkan aktifitas jogging.

7.    Atur Pernafasan
Untuk memenuhi kebutuhan oksigen saat berlari, atur pernafasan dengan cara bernafas melalui hidung dan juga mulut. Tarik nafas dalam-dalam agar terhindar dari rasa nyeri pada bagian perut, lalu keluarkan secara perlahan. Ulangi cara ini salama anda jogging.
Jika anda menerapkan ketujuh cara diatas, kemungkinan besar anda akan mendapatkan manfaat dari jogging secara maksimal. Tubuh jadinya lebih sehat dan fresh!

0 komentar:

Posting Komentar