Maret 17, 2018

Cara Pijat Bayi Baru Lahir

Posted by Iwak Kalataw on Maret 17, 2018 in , , | No comments
tipsanakbayi.com
mcmahonfin.com - Pijat bayi adalah cara yang menyenangkan untuk menikmati waktu bersama bayi anda dan juga bisa membantu anda menjalin ikatan dengan mereka. Sebelum bayi mampu memahami bahasa, kita sering berkomunikasi dan menghibur mereka melalui sentuhan. Jika bayi menangis, misalnya, orang tua akan memegang, memeluk atau membelai mereka. Pijat bayi adalah bagian dari dorongan alami ini. Maka, sangat penting bagi anda untuk tahu cara pijat bayi baru lahir yang benar. Sehingga, bisa mengaplikasikannya secara tepat, membuat bayi lebih enjoy dan jalinan batin anda semakin kuat.
Tidak ada pedoman yang ditetapkan mengenai usia minimum saat memulai pemijatan bayi. Meskipun sentuhan pengasuhan dapat diberikan sejak lahir, beberapa bayi mungkin mendapatkan pemijatan formal dan terstruktur yang terlalu merangsang pada minggu-minggu awal. Selain dengan memanggil dukun bayi atau orang yang pandai memijat, lebih baik anda belajar cara pijat bayi baru lahir sendiri. Saat memijat anda harus memperhatikan kenyamanan dan keamanan si kecil. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mencoba pijat bayi di rumah:
·         Pilihlah saat ketika bayi anda merasa puas dan waspada, tidak lelah atau lapar, dan tertarik pada apa yang terjadi di sekitar mereka. Hal ini membuat lebih mungkin mereka siap berinteraksi dengan anda.
·         Cobalah duduk di lantai, tempat tidur atau sofa, dan tentukan posisi bayi anda dengan aman di atas handuk.
·         Temukan posisi yang nyaman, berikan kontak mata yang bagus tanpa lampu di tempat tidur dan di mana bayi anda hangat.
·         Terserah apakah anak anda menggunakan atau tidak menggunakan popok. Tapi, melepaskan popok dapat memberikan kemudahan saat memijat perutnya.
·         Pijatlah pada waktu setelah mandi dan sebelum tidur.
Cara pijat bayi baru lahir :
Sebelum mulai 'minta izin' dengan menggosokkan sedikit minyak di antara tangan anda di dekat telinga bayi anda, dan tanyakan 'bisakah saya memberi kamu pijatan?' Ini mungkin terdengar aneh, tapi anak anda akan terbiasa dengan isyarat ini dan tahu bahwa pijat akan segera dimulai. Ini juga memberi bayi anda kesempatan untuk memberi tahu Anda jika mereka tidak merasa seperti pijat.
Setelah 'meminta izin', pegang salah satu kaki bayi anda di antara telapak tangan anda. Kemudian, dengan satu tangan, pegang pergelangan kaki bayi dengan kencang. Taruh tangan anda yang lain di sekitar bagian atas paha si kecil, lalu geser ke kaki ke pergelangan kaki. Tukar tangan dan ulangi. Selalu pertahankan pergelangan kaki anak Anda dan gunakan goresan lambat dan mengalir.
Selanjutnya, ayunkan kaki anak Anda di tangan Anda dan gunakan jempol Anda untuk membelai telapak kaki dari tumit sampai ke kaki, satu demi satu ibu jari. Pegang jari Anda dengan pegangan tripod dan tarik perlahan masing-masing jari kaki antara ibu jari dan jari. Setelah kaki, beralih ke daerah tangan, badan dan lanjutkan ke area kepalanya. Lakukan secara hati-hati dan perlahan. Anda bisa menggunakan minyak telon atau baby oil untuk pemijatan.
    

0 komentar:

Posting Komentar